Recent posts

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Orang Dewasa dan Bayi

Cara Mengatasi Perut Kembung – Apakah anda sedang merasakan perut kembung? Perut kembung adalahkondisi saat perut terasa sarat dan kencang, yang diakibatkan karena adanya gas berlebih. Di samping itu, terkadang perut juga dapat terlihat membesar (buncit). Hal semacam ini pasti akan menciptakan siapa saja menjadi tidak cukup nyaman.


Biasanya timbulnya perut kembung pun disertai dengan adanya fenomena kentut yang lebih sering. Normalnya dalam sehari manusia dapat kentut paling tidak 6 hingga 20 kali. Namun pada penderita perut kembung intensitas kentutnya dapat lebih sering. Selain tidak jarang kentut, fenomena perut kembung lainnya ialah bersendawa, perut terasa bergejolak, dan bahkan dapat masuk angin.

Penyebab Perut Kembung

Perut kembung seringkali erat kaitannya dengan makanan dan teknik kamu mengonsumsi makanan. Sedikit evolusi pada teknik makan dan pun menu makanan/minuman mungkin dapat membantu menanggulangi perut kembung.

Berikut sejumlah penyebab perut kembung antara lain:

Menelan udara terlampau banyak

Udara yang masuk kedalam tubuh dikeluarkan melewati sendawa dan kentut. Kedua teknik ini ialah reaksi normal yang diakibatkan karena eksistensi udara berlebihan dalam sistem pencernaan. Kamu dapat menelan terlalu tidak sedikit udara apabila:

- Makan terlampau cepat
- Minum terlampau cepat, khususnya pakai sedotan
- Bicara seraya makan
- Mengunyah permen karet
- Mengisap permen yang keras
- Minum minuman bersoda
- Merokok.

Selain tersebut penyakit asam lambung laksana maag juga dapat mengakibatkan anda menjadi terlalu tidak sedikit menelan udara. Saat asam lambung naik pulang ke kerongkongan, anda akan lebih tidak sedikit menelan udara dan tidak jarang bersendawa. Terlalu tidak sedikit menelan udara berikut yang menjadi di antara penyebab perut kembung.

Untuk menangkal kembung pada bayi, usahakan selalu menciptakan bayi bersendawa, baik saat santap ataupun setelahnya. Mengingat saat santap bayi lebih tidak jarang menelan udara, sampai-sampai sering membuatnya merasa gelisah dan sakit perut.

Makanan dan Minuman

Ada sejumlah jenis makanan yang menjadi penyebab perut kembung. Bagi menghindarinya, lebih baik tidak boleh konsumsi makanan yang tidak sedikit berisi gas. Adapun makanan dan minuman yang sering menyebabkan perut kembung antara lain:

- Sayuran: kol, kubis, brokoli, asparagus, kacang-kacangan, kembang kol, selada, paprika hijau, kentang, bawang bombai, dan biji-bijian utuh.
- Makanan yang berisi lemak, laksana gorengan.
- Makanan dalam kemasan yang berisi laktosa tinggi, laksana roti dan sereal.
- Minuman yang berisi soda, contohnya softdrink, bir, kola, dsb.
- Gula dan pemanis buatan.
- Susu dan produk olahannya, terutama untuk kamu yang mempunyai masalah terhadap susu dengan laktosa.
- Buah-buahan: apel, pir, melon, pisang, dan pepaya.

Jumlah gas yang didapatkan dari sekian banyak  makanan dan minuman diatas masing-masing orang berbeda-beda. Munculnya gas pada makanan tersebut ialah wajar, sebab termasuk dalam proses pengubahan energi. Semua itu dapat dicegah dengan mengolah pola santap dan minum yang kami jalani sekitar ini.

Obat-obatan dan Suplemen Penambah Nutrisi

Ada tidak sedikit sekali obat dan suplemen yang menjadi pemicu timbulnya perut kembung. Berikut ini ada sejumlah obat-obatan yang mengakibatkan perut kembung antara lain:

- Obat-obatan guna diare
- Obat-obatan antasida
- Obat-obatan guna menghilangkan rasa sakit
- Obat guna penyakit kencing manis (diabetes)
- Obat-obatan guna kontipasi
- Aspirin dan sejenis obat sakit kepala lainnya.
- Pil multivitmin dan suplemen penambah zat besi.

Apabila kamu sejumlah hari terakhir ini mengonsumsi obat-obatan tertentu, usahakan konsultasikan untuk dokter yang menyerahkan resep obat tersebut. Mungkin dokter akan menyerahkan resep obat beda yang tidak menyebabkan kembung.

Beberapa Kondisi Medis Lainnya

Beberapa situasi medis tertentu dapat menyebabkan terjadinya perut kembung, atau dapat dikatakan perut kembung menjadi di antara gejalanya. Contohnya seperti:

- Adanya gangguan pencernaan contohnya infeksi.
- Kontipasi, sulit buang air besar atau bahkan tidak dapat sama sekali.
- Penyakit celiac.
- Intoleransi laktosa.
- Adanya kanker usus besar.
- Penyakit crohn.
- Adanya batu empedu.
- Gangguan pada unsur pankreas.
- Nyeri di unsur ulu hati.
- Munculnya penyakit asam lambung.
- Kanker ovarium.

Catatan: kenali setiap fenomena yang hadir pada diri anda sendiri guna meyakinkan apakah butuh memeriksakan diri ke dokter atau tidak.

Selain sejumlah penyebab diatas, perut kembung juga dapat dipicu oleh sejumlah kondisi lain, laksana misalnya:

- Kehamilan
- Kegemukan
- Perubahan level hormon pada perempuan sebelum menstruasi
- Sering merasakan stres dan cemas.

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Orang Dewasa Mudah

Mengobati perut kembung sebenarnya dapat kamu kerjakan sendiri, tanpa perlu pertolongan dokter atau tenaga medis lainnya. Berikut ini terdapat bebeapa hal simpel yang dapat kamu jajaki untuk menanggulangi perut kembung:

1. Meningkatkan jumlah cairan yang diminum

Idealnya kita dianjurkan untuk mengonsumsi air putih sejumlah 8-10 gelas sehari. Banyak orang yang berfikir minum terlalu tidak sedikit dapat mengakibatkan kembung, sebenarnya tidak demikian.

Untuk meringankan kembung, kamu dapat mengonsumsi air putih lebih tidak sedikit dari biasanya. Jangan mengonsumsi tidak sedikit gelas sekaligus, namun bagilah menjadi 1 gelas secara rutin masing-masing 2 atau 3 jam sekali.

2. Makan dengan porsi yang lebih kecil dan kunyah perlahan

Ngemil dapat menjadi solusi untuk kamu yang sedang kembung. Namun pastikan tidak boleh mengunyah terlampau cepat ya. Seperti yang sudah saya ucapkan diatas, santap terlalu cepat berisiko mengakibatkan tidak sedikit angin yang masuk.

3. Kurangi konsumsi makanan yang tidak sedikit menghasilkan gas ketika dicerna

Sebenarnya sih lumrah saja tubuh menghasilkan gas, karena itu ialah salah satu proses metabolisme energi. Meski demikian, betapa baiknya anda mulai sekarang memberi batas konsumsi makanan yang tidak sedikit menghasilkan gas ketika dicerna. Beberapa makanan ber-gas telah saya singgung diatas, silahkan baca kembali bila lupa.

4. Kurangi makanan berlemak, khususnya yang digoreng

Tahukah anda sebenarnya usus 5x lebih berat dalam memahami lemak? Yup, lemak memang lebih sulit dipahami oleh tubuh. Maka dari itu, andai perut anda sedang kembung pastikan tidak boleh mengonsumsi makanan berlemak, terutama yang digoreng menggunakan minyak.

5. Kurangi konsumsi produk susu

Tidak seluruh orang alergi dengan laktosa. Namun bilamana kamu merasakan kembung dampak susu, mulai kini batasi konsumsinya. Ya minimal kamu dapat mengubah dengan produk susu beda yang rendah laktosa, contohnya yoghurt.

6. Hindari minum gunakan sedotan

Minum gunakan sedotan dirasakan lebih praktis dan cepat. Walau demikian, minum gunakan sedotan ternyata dapat meningkatkan risiko kembung lebih tinggi. Oleh karena itu, mulai sekarang pun hindari minum dengan sedotan supaya kembung bisa sembuh.

7. Hindari merokok

Merokok tidak jarang sekali dikaitkan dengan timbulnya gangguan perut laksana nyeri ulu hati, sembelit, dan masalah pencernaan lainnya. Beberapa riset membuktikan, mengisap rokok dapat menambah intensitas udara yang ditelan oleh seseorang. Berhenti merokok dapat menjadi teknik terbaik menanggulangi perut kembung.

8. Berolahraga

Pembuangan gas bakal berjalan lebih cepat manakala tubuh mengerjakan banyak kegiatan fisik, salah satunya melewati olahraga. Luangkanlah masa-masa paling tidak 30 menit untuk mengerjakan senam ringan, jogging, jalan-jalan, atau jogging keliling kompleks. Ini paling akan paling efektif untuk menolong mengobati perut kembung.

9. Jangan terlalu tidak sedikit mengonsumsi suplemen penambah serat

Memang benar, serat bisa melancarkan sistem pencernaan dan menanggulangi sembelit. Tetapi, sejumlah penelitian di Jepang memperlihatkan makanan berserat dapat menambah produksi gas dalam usus dan lambung. Maka dari itu, untuk ketika ini kurangi dulu makanan atau suplemen yang berisi serat.

10. Sering-seringlah kentut dan bersendawa

Jangan tahan kentut ketika perut kembung, sebab ia ialah obat perut kembung sangat mujarab, begitupun dengan sendawa. Jika anda malu kentut di depan umum, pergilah ke toilet atau lokasi sepi lainnya. Semakin sering anda kentut dan bersendawa berarti semakin berkurang gas dalam perut.

Kapan Harus Pergi ke Dokter?

Terkadang penyembuhan perut kembung alami sendiri saja tidak cukup. Segera konsultasikan untuk dokter bilamana kamu perut kembung disertai dengan sejumlah gejala seperti:

- Sakit perut berkelanjutan
- Munculnya diare
- Tinja disertai dengan darah dan berkelanjutan
- Terjadinya penurunan berat badan secara drastis
- Muntah, mual, dan pusing
- Nyeri ulu hati yang semakin parah dari hari ke hari.

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi yang Benar

Gejala perut kembung pada bayi ialah perut membuncit, kencang, dan saat diketuk suaranya nyaring. Pada bayi tidak cukup dari 4 bulan, situasi perut kembung tergolong hal yang wajar, karena ia belum dapat mencerna makanan dengan baik.

Tak butuh panik bilamana bayi merasakan kembung, inilah ada sejumlah tips menanggulangi perut kembung pada bayi yang dapat kamu jajaki terapkan:

1. Menepuk lembut pada unsur punggung bayi

Sambil menggendong, tepuk unsur punggung bayi secara lembut dan perlahan. Lakukan selama tidak cukup lebih lima menit hingga bayi bersendawa.

2. Menggosok unsur perut bayi

Gosokan minyak telon ke unsur perut bayi. Aroma khas dan kehangatan dari minyak itu dapat menolong mengeluarkan angin dari perut si kecil.

3. Memberikan air hangat

Berikan si kecil konsumsi air hangat, usahakan tidak banyak saja dan tidak boleh terlalu panas. Di samping diminum, air hangat juga dapat digunakan guna mandi bayi.

4. Lakukan pelajaran pada bayi

Posisikan bayi dalam suasana berbaring terlentang. Kemudian pegang kedua kakinya hingga ia aktif bergerak. Latihan simpel ini dapat menolong meningkatkan kinerja lambung dan usus dalam meminimalisir gas berlebih.

5. Waspadalah susu formula

Tak seluruh susu rumus bayi tersebut aman. Beberapa yang berisi tinggi laktosa mungkin dapat memicu bayi merasakan perut kembung. Oleh karena itu, konsultasikan untuk bidan atau dokter terdekat guna pilihan susu terbaik.

Bagaimana, gampang bukan? laksana itulah teknik mengatasi perut kembung pada orang dewasa dan bayi. Bila terdapat yang tidak cukup jelas tentang ulasan diatas langsung saja sampaikan melewati kolom komentar di bawah. Semoga dapat berfungsi dan tidak boleh lupa tolong share ya!

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: